-->

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi - Hai teman kali ini saya akan berbagi tips mengatasi masalah mouse pada laptop yang barusan saya alami. Padahal sehari sebelumnya saya gunakan normal-normal saja seperti biasanya tiba-tiba saja tidak berfungsi dan saat diarah-arahkan cuma berfungsi sebentar lalu tidak bisa lagi. Siapa yang tidak bingung coba dengan keadaan seperti itu ?

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi


Namun dengan kesabaran dan ketekunan saya mencari dan menerapkan tips yang saya cari di Google.com, akhirnya saya berhasil memperbaikinya. Dengan kembalinya keadaan laptop saya ini mungkin ada juga teman-teman yang juga mengalami hal yang serupa.Untuk itu kali ini saya akan membagikan sedikit tips yang mungkin juga bisa membantu teman-teman, silahkan dibaca.

 

2 Cara Sederhana Memperbaiki Mouse Keyboard yang Tidak Berfungsi


Cara 1 :

Pertama kita cek apa penyebab tidak berfungsinya mouse pada laptop, biasanya juga dimungkinkan tidak lebih dari settingan dari touchpad yang mungkin terdapat perubahan yang tidak kita ketahui. Cara mengatasinya cukup mudah sebenarnya kalau paham, yaitu mengaktifkan atau memastikan keterangan "Tap To Click" pada settingan touchpad telah dicentang. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Gambar icon tray settingan touchpad kadang juga bermacam-macam tergantung dari settingan kita, kadang seperti diatas kadang seperti dibawah ini. Namun sebenarnya juga sama saja fungsinya.



Cara mengaktifkan atau mencentangnya keterangan Tap to Click yaitu dengan klik kanan pada icon touchpad, lalu pastikan bahwa keterangan "Tap to Click" telah Tercentang.


Selesai, sangat mudah bukan ?? Jika kita tahu ilmunya sangat mudah. Sekarang mouse laptop Anda telah bisa digunakan kembali. Jika belum bisa coba restart laptop dan coba kembali fungsi moouse. Namun jika menggunakan cara pertama belum berhasil juga silahkan coba caranya berikutnya


Cara 2 :

Jika settingan touchpad sudah benar (aktif/dicentang) di software touchpad bawaan dan touchpad tersebut masih tidak berfungsi / belum kembali normal, Maka troubleshooting berikut ini mau tidak mau harus dilakukan.

Hapus driver touchpad dari Device Manager untuk mereset settingan mouse touchpad dengan melakukan tahap-tahap sebagai berikut :

1. Masuk ke start - control panel - system - device manager.
2. Kemudian cari mice and other pointing device
3. Klik simbol di sampingnya
4. Hapus driver yang mempunyai nama Synaptics PS/2 Port Touchpad (klik kanan - pilih delete.)
5. Setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop sobat agar driver touchpad tersebut bisa refresh kembali dengan cara automatis
install waktu OS windowsnya up kembali.
6. Selesai

Sekarang coba kembali fungsi dari mouse pada laptop, insy@ sudah normal kembali.

Baca juga :


Mungkin itu artikel dari kami mengenai Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi , silahkan dicoba dan semoga bermanfaat
Facebook Comments

0 comments